Selasa, 15 Mei 2012

KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS


KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS

A.  PENGERTIAN PENGELOLAAN KELAS

Pengelolaan Kelas adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa/i sehingga tercipta tujuan Pembelajaran secara efektif dan efisien.1
Menurut Wina Sanjaya,”Pengelolaan Kelas adalah keterampilan guru menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya manakala terjadi hal-hal yang dapat mengganggu suasana Pembelajaran”.2
Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto, “Pembelajaran Kelas sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar tercapai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan seperti yang diharapkan”.3
Sejalan dengan itu, E. C. Wragg, dalam bukunya mengatakan bahwa, “Pengelolaan Kelas adalah segala sesuatu yang dilakukan guru agar anak beradaptasi, aktif dalam kegiatan belajar mengajar bagaimanapun cara dan bentuknya”.4
Berdasarkan penjelasan diatas dapat penulis simpulkan bahwa Pengelolaan Kelas adalah salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan sehingga tercapai tujuan Pembelajaran yang diinginkan.
B.  TUJUAN PENGELOLAAN KELAS

Dalam melaksanakan sesuatu pasti ada tujuannya, hal itu agar apa yang kita kerjakan lebih terarah dan jelas. Begitu pula dalam mengelola kelas, harus punya tujuan yang jelas sehingga dalam Pelaksanaan Pengelolaan kelas betul-betul terlaksana dengan baik sesuai dengan apa yang diinginkan.
Tujuan pengelolaan kelas menurut Suharsimi Arikunto bahwa agar setiap anak kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan Pengajaran secara efektif dan efisien.5
Adapun tujuan dalam pengelolaan kelas yaitu :
1.  Mengembangkan kemampuan peserta didik secara optimal.
2.  Menghilangkan hambatan dan pelanggaran secara optimal.
3.  Mempertahankan keadaan yang stabil dalam suasana kelas.
4.  Membimbing perbedaan individu.
5.  Mengatur semua perlengkapan dan peralatan.6
Strategi untuk mencapai tujuan tersebut menurut Direktorat Pendidikan menengah Umum (Dikmenum), adalah sebagai berikut :
1.  Guru menata tempat duduk siswa sebelum memasuki Pelajaran.
2.  Guru melakukan interaksi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa.
3.  Guru mengontrol kegiatan siswa setelah memberikan tugas kepadanya.
4.  Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang Pelajaran yang belum diketahui.
5.  Guru memberi teguran kepada siswa yang ribut atau siswa yang mengganggu teman-temannya.
6.  Guru memberikan hukuman dan nasehat kepada siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah sewaktu menyampaikan Pelajaran.
7.  Guru dapat menertibkan siswa sesuai dengan pelaksanaan metode mengajar yang sedang berlangsung.
8.  Guru meletakkan alat-alat klasikal seperti gambar-gambar dinding pada tempat yang terjangkau oleh pandangan siswa.7
[3]
C.  JENIS-JENIS KELAS

Pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (Penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas, memberi gambaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu). Pengaturan peserta didik dan fasilitas.

Terdapat dua macam masalah pengelolaan kelas, yaitu :

1. Individual
·      Attention getting behaviors (pola perilaku mencari perhatian).
·      Power seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan kekuatan).
·      Revenge seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan balas dendam).
·      Helplessness (peragaan ketidak mampuan).

2. Kelompok
·      Kelas kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkatan.
·      Penyimpangan dari norma-norma perilaku yang tel;ah disepakati sebelumnya.
·      Kelas mereaksi secara negatif terhadap salah seorang anggotanya.
·      Kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang telah digarap.

·      Semangat kerja rendah atau semacam aksi protes kepada guru, karena menganggap tugas yang diberikan kurang fair. Kelas kurang mampu menyelesaikan diri dengan keadaan baru.8
Menurut Ahmad Rohani, bahwa pengelolaan kelas dapat dikelompokkan menjadi dua Kategori : yaitu masalah individual dan masalah kelompok. Meskipun seringkali berbeda antara kedua kelompok itu hanya merupakan tekanan saja.9
Berdasarkan dari adanya permasalahan yang dijelaskan diatas. Bahwa sebuah kelas memang harus dirancang dan dikelola dengan semaksimal mungkin, agar permasalahan-permasalahan yang terjadi didalamnya dapat diselesaikan dengan baik. Ada empat jenis kelas yang harus diperhatikan oleh guru :
1. Jenis kelas yang selalu gaduh.
2. Jenis kelas yang termasuk gaduh tetapi sesuainya lebih positif.
3. Jenis kelas yang tenang dan disiplin.
4. Jenis kelas yang melindungi dengan sendirinya.10


D.  KOMPONEN MENGELOLA KELAS

Keterampilan mengelola kelas memiliki komponen sebagai berikut :
1. Keterampilan yang berhubungan dengan menciptakan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat preventif). Keterampilan yang bersifat preventif ini guru dapat menggunakan kemampuan dengan cara :
a. Menunjukkan sikap tanggap : yaitu tanggap terhadap perhatian, ketertiban, ketidak acuhan, dan ketidak terlibatan siswa dalam tugas-tugas dikelas.
b. Memberi perhatian, yaitu guru memberi perhatian kepada beberapa kegiatan yang berlangsung dalam waktu yang sama.
c. Memusatkan perhatian kelompok.
d. Menejer.
e. Memberi peringatan.

2. Keterampilan yang berhubungan dengan pengambilan kondisi belajar yang optimal (bersifat refrensif). Keterampilan mengelola kelas yang bersifat fefrensif ini, guru menggunakan keterampilan dengan cara :
a. Modifikasi tingkah laku.
b. Pengelolaan kelompok, yaitu guru menggunakan pemecahan masalah kelompok.
c. Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.11
E.  PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS

Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan dalam pengelolaan kelas :
a. Pendekatan larangan dan anjuran.
b. Pendekatan penghukuman atau ancaman.
c. Pendekatan pengalihan atau pemasa bodohan.
d. Pendekatan penguasaan atau penekanan.
e. Pendekatan penguatan tingkah laku.
f. Pendekatan iklim social emosional.
g. Pendekatan proses kelompok.12
Menurut Ugdin dkk, pendekatan dapat dikelompokkan menjadi lima :
1. Pendekatan otoriter.
2. Pendekatan modifikasi tingkah laku.
3. Pendekatan iklim social emosional.
4. Pendekatan proses kelompok.13


Pendekatan menurut Syaiful Bahri, ada delapan pendekatan yang bisa dilakukan guru dalam pengelolaan kelas :
a. Pendekatan kekuasaan.
b. Pendekatan ancaman.
c. Pendekatan kebebasan.
d. Pendekatan resep.
e. Pendekatan perubahan tungkah laku.
f. Pendekatan perubahan suasana emosi dan hubungan social
g. Pendekatan proses kelompok.
h. Pendekatan elektid/pluralistik.14


F.  PRINSIP PENGELOLAAN KELAS

Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas :
a.  Keluwesan.
Guru harus luwes dalam mengubah strategi mengajarnya sehingga dapat mencegah kemungkinan munculnya gangguan-gangguan siswa serta mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang efektif.
b.  Kehangatan dan keantusiasan.
Kehangatan dan kentusiasan seorang guru dalam mengajar dapat mempermudah terciptanya iklim kelas yang menyenangkan.
c.  Bervariasi.
Menggunakan variasi dalam proses belajar mengajar.
d.  Tantangan.
Menggunakan kata-kata, tindakan, atau bahan yang menantang.
e.  Penanaman disiplin.
Mendorong peserta didik agar memiliki disiplin diri.
f.  Penekanan hal-hal yang positif.
Penekanan hal-hal yang positif yaitu pemikiran hal-hal positif dan menghindarkan konsentrasi pada hal-hal negatif.15


G.  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI PENGELOLAAN KELAS

Baik buruknya pelaksanaan suatu strategi pengelolaan kelas, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Suprianto, faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah guru, peserta didik, keluarga dan fasilitas.
1.    faktor guru.
a.  Tipe kepemimpinan guru dalam mengelola proses belajar mengajar.
b.  Format belajar mengajar yang monoton hal ini akan menimbulkan kebosanan peserta didik.
c.  Kepribadian guru.
d.  Pengetahuan guru.
e.  Pemahaman guru tentang peserta didik terbatas.
2.    faktor peserta didik.
3.    faktor keluarga.
4.    faktor fasilitas.
a.  Jumlah peserta didik didalam kelas.
b.  Bebas ruangan kelas.
c.  Jumlah buku atau peralatan yang lain tidak sesuai dengan jumlah peserta didik.16


1   Eni Purwati dkk. Micro Teaching (Surabaya : Aprianti. 2009) hlm. 9-13.
2   Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta : Kencana. 2009) hlm. 126
3   Suharsimi  Arikunto. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluating. (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2002) hlm. 68
4   E. C. Wragg. Pengelolaan Kelas. (Jakarta : PT. Gramedia Widia Saran Indonesia. 2001) hlm. 1

5Suharsimi Arikunto. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. (Jakarta : Rajawali Pres. 2008) hlm. 88.
6Sugiyono. Model-model Pembelajaran Inovatif. (Surakarta : Panitia Sertivikasi Guru. 2008) hlm. 20.


7Direktorat Dikmenum. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Jakarta : Depdiknas. 2000) hal. 89


9Ahmad Rohani. Pengelolaan Pembelajaran. (Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2004) hal. 124
10Radno Harsanto. Mengelola Kelas Yang Dinamis Paradigma Baru Pembelajaran Kompetensi Siswa. (Yogyakarta : Kanisius Anggota IKAP. 2007) hal. 41-42

11Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. (Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2010) hlm. 98-100

13Ugdin S. Winataputra. dkk. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta : Universitas Terbuka 2002) hlm. 9.13 – 9.14


14Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta : Rineka Cipta, 2006) hlm. 179-184

15Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2010) hlm. 91

16Ugdin S. Winataputra, dkk. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta : Universitas Terbuka. 2002) hlm. 9.13 – 9.14

1 komentar:

  1. T-Shirt - Titanium Band Rings - The Titanium Art Gallery
    T-Shirt - T-Shirt titanium wood stoves - Titanium Band titanium cup Rings T-Shirt - revlon titanium max edition T-Shirt - T-Shirt.com T-Shirt - T-Shirt.com. Size: 4 race tech titanium x titanium wood stoves 6 x 6 inches. Rating: 4.9 · ‎4,821 reviews · ‎$17.00 · ‎In stock

    BalasHapus