Rabu, 06 Juni 2012


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Micro teaching

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kuliah



Disusun Oleh:
RIA ELDAWATI
1209.09.05828

Dosen Pengampu: Drs. Erdi Indra


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI) AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2011/2012


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah        :   SD 012 Tempuling
Mata Pelajaran      :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester      :   VI /I
Alokasi Waktu       :   1 x 10 menit
Standar Kompetensi  :   Memahami daur hidup beragam jenis makhluk        
                        hidup

Kompetensi Dasar   :    Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan 
                        di lingkungan sekitar

Indikator          :  Menjelaskan daur hidup beberapa hewan           
                      dilingkungan sekitar

I. Tujuan Pembelajaran :
      Siswa mampu Menjelaskan daur hidup   
      beberapa hewan dilingkungan sekitar


Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun
( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Peduli
( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

II.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Daur Hidup Hewan Metamorfosis
  a. Metamorfosis sempurna
  b. Metamorfosis tidak sempurna

III. Metode Pembelajaran
  .  Tanya Jawab
  ·  Diskusi

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran          :
  A. Kegiatan Awal
   a. Menarik perhatian siswa
  Ø Mengucapkan salam
  Ø Absensi.
b. Apersepsi/Kaitan.
 Siapa yang pernah melihat kodok?sebelum jadi kodok apakah             
 dia berbentuk telur atau berudu?nah disebut apa   
 perkembangan yang seperti itu?


a.    Motivasi.
Anak-anak perlu kalian ketahui bahwa sesuatu yang buruk tidak akan selamanya buruk,ketika sudah tiba saatnya sesuatu yang buruk akan berubah menjadi indah dan cantik
b.    Acuan, menuliskan judul materi yang akan dipelajari di papan tulis serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.


B.   Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa guru mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
                                              1.     Siapa yang tau apa itu metamorfosis ?
                                              2.     Bagai mana kejadian atau perkembangannya?
v  Elaborasi
Ø Guru menjelaskan materi tentang daur hidup hewan metamorphosis
Ø Siswa diminta untuk memperhatikan
Ø Guru menempelkan media dipapan tulis
Ø Siswa diminta untuk berkelompok dalam mendiskusikan tentang daur hidup hewan sesuai dengan gambar yang ditempelkan
Ø Perwakilan kelompok diminta untuk membacakan hasil diskusinya
v  Konfirmasi
Ø Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
C.  Kegiatan Akhir
Ø Guru meminta siswa menjawab pertanyaan yang ada dipapan tulis
Ø Kesimpulan, siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
Ø Tindak lanjut, meminta siswa untuk mmbaca materi selanjutnya tentang hubungan sesame makhluk hidup

II.      Sumber Belajar/Media                                     
Ø Buku paket IPA IV
Ø Gambar

III.   Penilaian : tertulis                      

Instrument penilaian:
1.    jelaskan daur hidup  hewan dilingkungan sekitar misalnya kupu-kupu

Kunci Jawaban soal:

Kupu-kupu mengalami metamorphosis sempurna dengan tahapan dimulai dari telur,ulat,kepompong,sampai menjadi kupu-kupu dewasa
    





                 Tembilahan,  Maret,2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah


YOGA AFRIRIANDI,SPDI,

         Guru Mata Pelajaran


          RIA ELDAWATI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar