Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Micro teaching
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kuliah
Disusun Oleh:
RIA ELDAWATI
1209.09.05828
Dosen Pengampu: Drs. Erdi Indra
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI) AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2011/2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 012
Tempuling
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI /I
Alokasi Waktu : 1 x 10 menit
Standar Kompetensi : Memahami daur hidup beragam jenis makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan
di
lingkungan sekitar
Indikator : Menjelaskan daur hidup beberapa hewan
dilingkungan sekitar
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu Menjelaskan daur hidup
beberapa hewan
dilingkungan sekitar
Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun
( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Peduli
( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
II. Materi Ajar (Materi Pokok)
Daur
Hidup Hewan Metamorfosis
a. Metamorfosis
sempurna
b. Metamorfosis
tidak sempurna
III. Metode Pembelajaran
. Tanya Jawab
·
Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
a. Menarik perhatian siswa
Ø
Mengucapkan salam
Ø
Absensi.
b. Apersepsi/Kaitan.
Siapa
yang pernah melihat kodok?sebelum jadi kodok apakah
dia berbentuk telur atau
berudu?nah disebut apa
perkembangan yang seperti itu?
a. Motivasi.
Anak-anak
perlu kalian ketahui bahwa sesuatu yang buruk tidak akan selamanya buruk,ketika
sudah tiba saatnya sesuatu yang buruk akan berubah menjadi indah dan cantik
b.
Acuan, menuliskan judul materi yang akan
dipelajari di papan tulis serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai.
B. Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa guru mengajukan
beberapa pertanyaan sebagai berikut:
1. Siapa yang tau apa itu metamorfosis ?
2. Bagai mana kejadian atau perkembangannya?
v Elaborasi
Ø Guru
menjelaskan materi tentang daur hidup hewan metamorphosis
Ø Siswa
diminta untuk memperhatikan
Ø Guru
menempelkan media dipapan tulis
Ø Siswa
diminta untuk berkelompok dalam mendiskusikan tentang daur hidup hewan sesuai
dengan gambar yang ditempelkan
Ø Perwakilan
kelompok diminta untuk membacakan hasil diskusinya
v Konfirmasi
Ø Memberikan
kesempatan pada siswa untuk bertanya
C. Kegiatan Akhir
Ø Guru
meminta siswa menjawab pertanyaan yang ada dipapan tulis
Ø
Kesimpulan, siswa bersama guru
menyimpulkan materi pembelajaran.
Ø
Tindak lanjut, meminta siswa untuk mmbaca
materi selanjutnya tentang hubungan sesame makhluk hidup
II.
Sumber Belajar/Media
Ø
Buku paket
IPA IV
Ø
Gambar
III.
Penilaian : tertulis
Instrument
penilaian:
1. jelaskan
daur hidup hewan dilingkungan sekitar
misalnya kupu-kupu
Kunci Jawaban soal:
Kupu-kupu mengalami
metamorphosis sempurna dengan tahapan dimulai dari telur,ulat,kepompong,sampai
menjadi kupu-kupu dewasa
Tembilahan, Maret,2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
YOGA AFRIRIANDI,SPDI,
|
Guru Mata
Pelajaran
RIA ELDAWATI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar